Sabtu, 21 Desember 2013

filsafat islam

Filsafat islam
Pemikiran pilsafat .
1.      epistomologi (sumber pengetahuan). Ibnu majjah menkritik al ghazali yang mengatakan bahwa sumber pengetahuan adalah ilham.menurut ibnu majjah pengetahuan merupakan akala aktif.
2.      Filsafat jiwa. Setiap manusia memiliki jiwa, yang tidak mengalami perubahan seperti jasmani. Jiwa penggerak manusia, tetapi jiwa itu sendiri di gerakkan oleh dua hal.yakni jasmani dan rohani.



ABU BAKAR MUHAMMAD IBN ABD MALIK IBNU THUFAIL
Lahir di cadix sebuah kota kecil di kanada di awal abad ke 12. Selain sebagai filosof ibn thufail juga dikenal sebagai ahli astronimo,astronomi,penyair, dan dokter. Dia juga menjabat sbgai gubnur di Granada, dan pada masa khalifah abu ya’kub  yusufdari dinasti muwahiddin menjabat sebagai wazir dan dokter.
1.      Apresiasi dunia. Di kenal dengan filosof yang mampu mempertemukan filsafat dan agama dalam kemasan sastra yang indah.
2.      Karya-karya,. Karnya di tulis dalam bhs arab, dan beberapa kitabnya tidak terlacak. Karya ibnu thufail yang sangta berpengaruh adalah novel hay .
3.      Pemikiran filsfat. Yang paling menonjol bahwa akal tidak bertentangan dengan wahyu. Baik wahyu atau akal  tidak ada pertentangan didalamnya.

Abu alwalid mihammad ibn ahmad ibn ruysd al hafid
(1126-1198)
Lahir di kordoba pada tahun 520h/1126. Gelar al hafid merupakan sebutan untuk cucu, karena namanya sama ddengan nama kakeknya yaitu abu al walid Muhammad al jadd. Dia memulai pendidikan bidang hadis pada ayahnya abu al qasim ahmad. Di kenal secara masyhur sebagai kodi atau hakim seperti kakenya, di samping sbgai filosfof. Pemikiran fikih, sains, dan filsafat bisa menyatu di pengaruhi ajaran pembaharuan al muwahidun ibn tumart (1081-1130). Dia pernah belajar pada ibn hamdin tokoh terkemuka al ghazali. Dia juga belajar kedokteran pada ibn harun dan ibn thufail dan menggantikannya sebagai dokter sultan.dalam bidang filsafat dia menguasai atau meneruskan ibnu majjah dan ibn thufail. Dalam filsafatnya dia menguasai logika,retorika,sastra kedokteran, dan komentator karya plato dan aritoteles. Ibnu rusyd wafat pada tahun 1198m di pengasingan karena pristiwa politik.
1.      Apresiasi dunia. Di kenal sebagai pemersatu filsafat dan agama dlam fikih. Di kenal dengan nama averoes sebagai penerus aritoteles. Di eropa pada abad pertengahan dan aliran averoism yang menyelewengakan ajran filsafat. Dia adlah pembela filsafat dan agama serta hukum islam.
2.      Karya karya ibn rusyd. Di tulis dalam bahasa arab, dan karyanya tebagi dalam 3 priode.
1.      Karya berupa komentar pendek(jami’), karya filsafat yunani(sebelum 1171)dan
2.      Karya yang berupa doktrin yang agresif (setelah 1177).
3.      Karya” yang di tulis sebagai dokter sultan dan qadi( hukum).
Karya pendek ibn ruysd dalam pengantar fisika, logika,psikologi, sain dan 2 krya ibnu sina. Ini sebelum pada tahun 1171. Dan karya setlah tahun 1171 menulis komntar buku nichomachean ethis. Karya komentar republic dari plato.karya lain yang indendependen adlah fash al maqal, kasyf’an manahij al adillah, tahafut al tahafut.
Karya ibnu rusyd setelah menjadi dokter dan qadi. Menulis risalah khusus tentang jiwa yang berjudul de animae .

Pemikiran filsafat.
Yang paling menojol adlah di bidang astronmi bnyak menerukan komentar terhadap ibnu majjja dan thufail atas tradisi ptolemia . dalam kedokteran dia memaduka pengentahuan kedokteran berdasasrkan pengalaman dan analisa rasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar