Filsafat islam
Pemikiran pilsafat .
1.
epistomologi
(sumber pengetahuan). Ibnu majjah menkritik al ghazali yang mengatakan bahwa
sumber pengetahuan adalah ilham.menurut ibnu majjah pengetahuan merupakan akala
aktif.
2.
Filsafat
jiwa. Setiap manusia memiliki jiwa, yang tidak mengalami perubahan seperti
jasmani. Jiwa penggerak manusia, tetapi jiwa itu sendiri di gerakkan oleh dua
hal.yakni jasmani dan rohani.
ABU
BAKAR MUHAMMAD IBN ABD MALIK IBNU THUFAIL
Lahir di cadix
sebuah kota kecil di kanada di awal abad ke 12. Selain sebagai filosof ibn
thufail juga dikenal sebagai ahli astronimo,astronomi,penyair, dan dokter. Dia
juga menjabat sbgai gubnur di Granada, dan pada masa khalifah abu ya’kub yusufdari dinasti muwahiddin menjabat sebagai
wazir dan dokter.
1.
Apresiasi
dunia. Di kenal dengan filosof yang mampu mempertemukan filsafat dan agama
dalam kemasan sastra yang indah.
2.
Karya-karya,.
Karnya di tulis dalam bhs arab, dan beberapa kitabnya tidak terlacak. Karya
ibnu thufail yang sangta berpengaruh adalah novel hay .
3.
Pemikiran
filsfat. Yang paling menonjol bahwa akal tidak bertentangan dengan wahyu. Baik
wahyu atau akal tidak ada pertentangan
didalamnya.
Abu
alwalid mihammad ibn ahmad ibn ruysd al hafid
(1126-1198)
Lahir di kordoba pada tahun
520h/1126. Gelar al hafid merupakan sebutan untuk cucu, karena namanya sama
ddengan nama kakeknya yaitu abu al walid Muhammad al jadd. Dia memulai
pendidikan bidang hadis pada ayahnya abu al qasim ahmad. Di kenal secara
masyhur sebagai kodi atau hakim seperti kakenya, di samping sbgai filosfof.
Pemikiran fikih, sains, dan filsafat bisa menyatu di pengaruhi ajaran
pembaharuan al muwahidun ibn tumart (1081-1130). Dia pernah belajar pada ibn
hamdin tokoh terkemuka al ghazali. Dia juga belajar kedokteran pada ibn harun
dan ibn thufail dan menggantikannya sebagai dokter sultan.dalam bidang filsafat
dia menguasai atau meneruskan ibnu majjah dan ibn thufail. Dalam filsafatnya
dia menguasai logika,retorika,sastra kedokteran, dan komentator karya plato dan
aritoteles. Ibnu rusyd wafat pada tahun 1198m di pengasingan karena pristiwa
politik.
1.
Apresiasi
dunia. Di kenal sebagai pemersatu filsafat dan agama dlam fikih. Di kenal
dengan nama averoes sebagai penerus aritoteles. Di eropa pada abad pertengahan
dan aliran averoism yang menyelewengakan ajran filsafat. Dia adlah pembela
filsafat dan agama serta hukum islam.
2.
Karya
karya ibn rusyd. Di tulis dalam bahasa arab, dan karyanya tebagi dalam 3
priode.
1.
Karya
berupa komentar pendek(jami’), karya filsafat yunani(sebelum 1171)dan
2.
Karya
yang berupa doktrin yang agresif (setelah 1177).
3.
Karya”
yang di tulis sebagai dokter sultan dan qadi( hukum).
Karya pendek ibn ruysd
dalam pengantar fisika, logika,psikologi, sain dan 2 krya ibnu sina. Ini
sebelum pada tahun 1171. Dan karya setlah tahun 1171 menulis komntar buku
nichomachean ethis. Karya komentar republic dari plato.karya lain yang
indendependen adlah fash al maqal, kasyf’an manahij al adillah, tahafut al
tahafut.
Karya ibnu rusyd setelah
menjadi dokter dan qadi. Menulis risalah khusus tentang jiwa yang berjudul de
animae .
Pemikiran filsafat.
Yang paling menojol adlah
di bidang astronmi bnyak menerukan komentar terhadap ibnu majjja dan thufail
atas tradisi ptolemia . dalam kedokteran dia memaduka pengentahuan kedokteran
berdasasrkan pengalaman dan analisa rasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar